Sahabat Nabi Muhammad Terkaya, Segini Hartanya

Syariah49 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta, CNBC Indonesia – Dahulu kala, ketika Nabi Muhammad SAW lahir serta meningkat besar, Makkah adalah salah satu pusat perdagangan dunia. Wilayah ini merupakan jalur perdagangan yang dimaksud menghubungkan kawasan China serta Eropa.

Oleh sebab itu tak heran banyak orang kaya lahir pada kota tersebut, termasuk sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW.

Dari sahabat Rasul, sejarah mencatatkan Abdurrahman bin Auf sebagai sosok yang digunakan paling kaya. Abdurrahman adalah generasi awal pengikut Islam yang dimaksud diajak oleh Abu Bakar as-Shidiq. Dia masuk Islam bersatu Utsman bin Affan, Zubair bin Awwam, Thalhan bin Ubaidillah, lalu Sa’ad bin Abi Waqqash.

Setelah masuk Islam, ia selalu setia dalam sisi Rasulullah pada setiap kegiatannya. Di setiap waktu luang itulah Abdurrahman akan segera berdagang.

Dalam uraian riset “Konsep Bisnis Abdurrohman Bin ‘Auf Radiyallahu ‘Anh Ditinjau dari Fiqih Muamalah lalu Sejarah” (2022), rahasia berdagang yang dipegangnya adalah terus-menerus menjauhkan diri dari hal-hal haram. Dia tak pernah berhutang dan juga setiap saat berdagang sesuai keterampilan juga pengetahuannya.

Selain itu, beliau juga tak serakah. Apabila mendapat uang beliau terus-menerus memutarnya dengan tujuan bermanfaat, seperti bersedekah terhadap keluarga kemudian yang tersebut membutuhkan. Berkat seluruh upaya inilah beliau punya kekayaan ‘segudang’.

Memang tak diketahui pasti nominal harta Abdurrahman, tetapi jikalau meninjau pada sedekahnya dapat terlihat seberapa besar kekayaannya. Tercatat beliau pernah mengirimkan tanah seharga 1000 dinar, juga pernah membagikan 500 kuda juga 1500 unta untuk kaum Muslimin yang akan segera berperang.

Bahkan, pada waktu mendekati ajalnya beliau mewasiatkan 500 ribu dinar dan juga 400 dinar untuk setiap orang yang dimaksud bertempur di tempat Perang Badar.

Lalu, berapa nominal kekayaannya?

Jika ditotal, Abdurrahman pernah menyumbang 901.000 dinar. Tentu dengan demikian hartanya lebih banyak dari hitungan itu. 

Saat ini 1 dinar setara dengan Rp 51.682 ribu. Jika nilai sumbangan Abdurrahkan dirupiahkan, maka totalnya senilai Rupiah 46,57 miliar. 

Sementara itu untuk harga jual kuda kemudian unta, anggaplah kuda yang dimaksud dimiliki senilai Rupiah 25 jt dan juga unta senilai Mata Uang Rupiah 20 juta. Jika dihitung: 500 kuda x Rupiah 25 juta: Simbol Rupiah 12.500.000.000. Lalu unta 1500 x Mata Uang Rupiah 20 juta: Rupiah 30.000.000.000

Maka, jikalau ditotal seluruh sumbangannya itu mencapai Rp 89,07 miliar.

Tentu bilangan bulat ini adalah perhitungan berdasarkan nilai masa kini. Artinya, mampu sekadar bukan presisi.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *