Satgas Trisila TNI AL lanjutkan operasi pada Sabang

Market16 Dilihat

IDN Bisnis Ibukota – Satuan Tugas (Satgas) Trisila Tahun 2024 TNI Angkatan Laut melanjutkan misinya di area Sabang, Aceh, pasca merampungkan tugasnya di area Lampung lalu Belawan, Sumatera Utara.

Di Sabang, sebagaimana di dalam dua lokasi sebelumnya, Satgas Trisila menyelenggarakan operasi seperti patroli lalu beberapa kegiatan, antara lain open ship banyak kapal peperangan yang mana tergabung di Satgas Trisila Tahun 2024, edukasi mengenai TNI AL dan juga kemaritiman untuk masyarakat, khususnya para pelajar, karya bakti/bersih-bersih museum dan juga Taman Edukasi Sabang.

Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut di siaran resminya dalam Jakarta, Senin, menyampaikan operasi Satgas Trisila di tempat Sabang berlangsung pada 17 – 19 Maret 2024.

Satgas Trisila Tahun 2024, yang digunakan keberangkatannya dilepas oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) RI dalam Jakarta, awal Maret 2024, dipimpin oleh Komandan Satgas (Dansatgas) Trisila Laksamana Pertama Tony Hardijanto. Tony sehari-hari berdinas sebagai Komandan Gugus Keamanaan Laut (Danguskamla) Koarmada I.

Operasi Satgas Trisila pada Sabang melibatkan tiga kapal perang, yaitu KRI Teluk Celukan Bawang-532, KRI Kerambit-627 lalu KRI Parang-647. Tiga kapal pertempuran itu tiba di dalam Sabang, Akhir Pekan (17/3), disambut oleh Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Sabang Kolonel Laut (P) Son Haji Hariyoko.

Dalam rangkaian Operasi Satgas Trisila Tahun 2024, KRI Teluk Celukan Bawang-532 digunakan sebagai kapal markas. Kapal peperangan itu dikomandani oleh Letkol Laut (P) Mohammad Lukman.

KRI Parang-647 yang mana tergabung pada Satgas Trisila Tahun 2024 TNI Angkatan Laut sandar dalam Sabang, Aceh, Hari Minggu (17/3/2024). ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI AL.

Dinas Penerangan TNI AL di siaran resmi yang identik menjelaskan Operasi Trisila TNI AL 2024 merupakan aksi lanjut dari Operasi Armada TNI Angkatan Laut, yang digunakan bertujuan tak hanya saja menjaga kedaulatan serta keamanan dalam laut, tetapi juga untuk menggali kemungkinan maritim di area daerah-daerah yang digunakan dikunjungi.

Tidak belaka tiga kapal pertempuran yang digunakan disebutkan sebelumnya, Satgas Trisila Tahun 2024 juga melibatkan KRI Cucut-866 serta KRI Cakalang-852, juga dua unit tank BTR 50, satu unit tank amfibi BMP 3 Korps Marinir TNI AL, helikopter dari Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal), Pasukan Marinir (Pasmar) 1 Jakarta, satu pesawat Cassa dan juga lalu satu pesawat CN-235.

Jumlah personel yang dimaksud terlibat di Satgas Trisila Tahun 2024 sebanyak 577 prajurit, dalam antaranya 100 prajurit berasal dari Korps Marinir TNI AL.

 

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *