Segudang Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan, Pilihan Seimbang Saat Buka Puasa

Syariah12 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Buka puasa adalah momen yang digunakan dinanti-nanti umat Muslim di tempat seluruh dunia setelahnya menjalani puasa Ramadan sepanjang hari. Selain berbuka puasa dengan makanan yang tersebut dianjurkan seperti kurma dan juga air putih, penting juga untuk mengonsumsi makanan yang memberikan nutrisi juga hidrasi yang dimaksud cukup. Salah satu buah yang mana sanggup menjadi pilihan sehat pada waktu menyingkap puasa adalah timun suri. Timun suri bukanlah semata-mata menyegarkan, tetapi juga kaya akan kegunaan bagi kemampuan fisik tubuh kita. 

Ternyata, timun suri menyimpan sejumlah khasiat bagi kemampuan fisik tubuh. Kandungan beragam nutrisi seperti asam linoleat, vitamin A, vitamin C, kalium, potasium, dan juga magnesium yang dimaksud tinggi sangat baik bagi tubuh. Simak apa hanya kegunaan dari timun suri bagi kondisi tubuh berikut ini. 

Dok. Instagram.com/dapurbahagia2021

1. Melancarkan pencernaan

Daging dari buah timun suri mengandung serat larut yang dimaksud melimpah. Jenis serat ini sangat dibutuhkan oleh usus kita untuk memperlancar proses pencernaan. Tak cuma itu, serat yang mana terdapat pada timun suri juga miliki peran di pencegahan beberapa jenis penyakit pencernaan, seperti sembelit lalu neoplasma usus besar.

Timun suri tidaklah cuma merupakan kuliner yang digunakan biasa dikonsumsi pada waktu bulan puasa, tetapi juga menjadi pilihan makanan sehari-hari. Jadi, Anda tidak ada perlu mengantisipasi bulan Ramadan untuk menikmatinya, timun suri dapat dikonsumsi kapan pun Anda inginkan.

2. Menurunkan berat badan

Jika tujuan Anda adalah untuk menghurangi berat badan atau menjalani acara diet, timun suri dapat menjadi alternatif yang tepat. Karena timun suri mengandung serat yang mana bermanfaat bagi pencernaan kemudian memberikan rasa kenyang yang lebih banyak lama, menyebabkan timun suri menjadi pilihan yang tersebut sesuai untuk menggalang inisiatif penurunan berat badan Anda. Selain itu, serat pada timun suri juga dapat merangsang proses metabolisme di tempat pada tubuh agar berjalan lebih tinggi efisien.

3. Mengontrol kadar gula darah

Penderita hiperglikemia tidak ada perlu lagi merasa cemas bahwa mereka tak dapat menikmati buah-buahan yang dimaksud manis. Timun suri merupakan pilihan yang tersebut sangat baik untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

Timun suri mengandung gula alami, teristimewa glukosa lalu fruktosa, yang digunakan dapat membantu di menjaga tingkat gula darah. Kedua jenis gula ini diperoleh secara alami, sehingga dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh. Namun, penting untuk diingat bahwa konsumsi timun suri ini sebaiknya diadakan tanpa tambahan gula atau sirup manis agar tiada meningkatkan kadar gula darah secara berlebihan.

4. Menurunkan risiko kanker

Timun suri mengandung senyawa saponin yang mana dapat menghurangi risiko neoplasma dengan cara menyerang radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas biasanya berasal dari makanan, minuman, kemudian faktor lingkungan. Dengan mengonsumsi timun suri minimal 4 kali seminggu, Anda dapat mengempiskan risiko beberapa jenis karsinoma seperti neoplasma usus besar, tumor ganas payudara, kemudian neoplasma hati.

5. Baik untuk jantung

Timun suri mengandung asam linoleat, senyawa yang dimaksud dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Asam linoleat berperan sebagai pencegah oksidasi yang melawan radikal bebas, melindungi tubuh dari racun, serta menjaga kebugaran jantung. Senyawa ini juga menggunakan lemak sebagai sumber energi kemudian menghindari pembentukan lemak yang mana bukan digunakan oleh tubuh.

6. Menyehatkan mata

Vitamin E yang digunakan terdapat pada timun suri mempunyai faedah besar bagi kebugaran mata. Menurut penelitian di dalam Amerika Serikat, vitamin E di timun suri dapat meningkatkan penglihatan serta menjaga dari terjadinya katarak. Selain itu, vitamin ini juga bermanfaat untuk menghurangi hiperpigmentasi, seperti lingkaran hitam di area sekitar mata.

7. Membantu proses detoksifikasi

Tubuh kita secara bukan sadar kerap terpapar racun dari berbagai sumber seperti makanan, minuman, dan juga lingkungan sekitar. Meskipun efeknya tidaklah dengan segera terasa, racun yang disebutkan dapat menumpuk di dalam organ vital seperti ginjal, jantung, hati, serta pembuluh darah, berpotensi menyebabkan hambatan kondisi tubuh yang tersebut serius.

Untungnya, dengan mengonsumsi timun suri yang kaya akan air kemudian serat dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Air juga serat pada timun suri membantu membuang racun melalui proses ekskresi, baik melalui urin maupun feses. 

SHARISYA KUSUMA RAHMANDA I SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *