Sejarah Waktu senja Nuzulul Quran dan juga Keistimewaannya

Syariah17 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Waktu petang Nuzul alias Nuzulul Quran adalah momen yang dihormati pada agama Islam, ditandai dengan penurunan pertama bait-bait Al-Quran untuk Nabi Muhammad SAW. Peristiwa penting ini terjadi selama bulan Ramadan, bulan suci di kalender Islam. 

Dikutip dari nu.or.id insiden Waktu senja Nuzulul Quran terjadi pada zaman keberadaan Nabi Muhammad SAW dalam Makkah, sebelum hijrah ke Madinah pada tahun 610 Masehi. Nabi Muhammad berada di dalam Gua Hira, tempat berdiam diri, ketika menerima wahyu pertama dari Allah SWT melalui Malaikat Jibril. 

Syekh Muhammad Sayyid At-Thanthawi pada karya tafsirnya mengungkapkan bahwa firman Allah swt yang agung ini diturunkan terhadap Nabi Muhammad melalui beberapa tahap. Imam Ibnu Katsir di salah satu karyanya mengatakan, bahwa pertama kali diturunkannya Al-Qur’an dari langit dunia untuk Nabi Muhammad SAW bertepatan dengan di malam hari 17 Ramadhan.

Dengan mengacu pada hal yang disebutkan maka di area Indonesia kemudian Negara-negara muslim lainnya memperingati di malam hari nuzulul qur’an bertepatan pada malam  17 di tempat bulan Ramadhan.

Dikutip dari laman Universitas Muhammadiyah Jakarta, secara garis besar perkembangan diturunkan Al-Qur’an dengan dua proses. Pertama, Allah SWT menurunkan Al-Qur’an dari Lauh Mahfudz ke Baitul Izzah atau Langit Dunia. Kedua, Allah SWT menurunkan Al-Qur’an dari Baitul Izzah terhadap Nabi Muhammad SAW.

Keistimewaan waktu malam Nuzul Qur’an

Malam yang disebutkan miliki keistimewaan oleh sebab itu mnejadi waktu turunnya kitab suci Al-Qur’an, yang digunakan mana sebagai penyempurna juga pembenar kitab suci sebelumnya. Hal ini dijelaskan pada Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 185. 

Kitab Zabur, Taurat, dan juga Injil diturunkan oleh Allah SWT untuk kaum tertentu lalu  zaman yang tersebut terbatas. Selain itu, seiring perkembangan zaman kitab-kitab sebelum Al-Qur’an diyakini adanya perubahan. Oleh sebab itu, Al-Qur’an hadir sebagai penjelas dan juga penyempurna dari kitab terdahulu.

Pada waktu malam yang disebutkan juga bertepatan dengan bulan suci ramadan. bulan yang dimaksud didalamnya turunnya Al-Qur’an menjadi bulan yang mulia kemudian istimewa. Sehingga Waktu senja Nuzulul Quran menjadi momen penting untuk mengingat juga merenungkan keajaiban juga keutamaan Al-Quran dan juga memahami ajaran yang mana terkandung di area dalamnya.

Pilihan editor: 5 Peristiwa Penting dalam Siklus Ramadan Selain Nuzulul Quran

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *