Sekitar 100 ribu kendaraan per hari melintas ke jalur Puncak

Bisnis19 Dilihat

Wilayah Bogor – Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bogor mencatat sejumlah 100 ribu kendaraan melintas pada Jalur Wisata Puncak, Daerah Bogor, Jawa Barat, pada sehari pada peluang libur panjang Kenaikan Isa Almasih Tahun 2024.

Kepala Urusan Pembinaan Operasi Lantas (KBO Satlantas) Polres Bogor Iptu Ardian Novianto dalam Pospol Gadog, Ciawi, Jumat, mengungkapkan bahwa 100 ribu kendaraan itu terdiri dari 53.000 kendaraan ke arah Puncak serta 47.000 ke arah Jakarta.

"Tercatat banyaknya 100 ribu kendaraan selama 24 jam kemarin (Kamis), terdiri dari kendaraan roda dua, roda empat, juga roda enam," ungkap Ardian.

Ia memprediksi ukuran kendaraan yang dimaksud melintas pada Jalur Wisata Puncak masih terus bertambah hingga hari Mingguan (10/5).

Saat ini hingga pukul 11.00 WIB,  polisi mencatatkan data sebanyak-banyaknya 18.100 kendaraan mengarah ke Puncak serta banyaknya 15.700 kendaraan turun dari Puncak mengarah Jakarta.

"Karena biasanya rutinitas komunitas yang mana biasa menginap dalam (Puncak) hari Hari Jumat sampai dengan nanti pulang lagi di hari Minggu," ujarnya.

Satlantas Polres Bogor menerapkan rekayasa kemudian lintas terdiri dari Sistem Ganjil Genap Kendaraan kemudian Sistem Satu Arah atau one way selama libur panjang untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan.

Kedua rekayasa kemudian lintas yang dimaksud diberlakukan secara situasional meninjau keadaan kepadatan jumlah kendaraan di jalur penghubung Wilayah Bogor-Kabupaten Cianjur tersebut.

"Agar pengaturannya mampu tambahan maksimal dan juga efektif maka kita laksanakan rekayasa one way arah bawah dulu untuk siang ini sampai sore nanti," kata Ardian.

 

Artikel ini disadur dari Sekitar 100 ribu kendaraan per hari melintas di jalur Puncak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *