Selamat! Bank Mandiri Umumkan Jawara Wirausaha Muda Mandiri 2023

Entrepreneur9 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta – PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) kembali menyelenggarakan kompetisi wirausaha terbesar di dalam Indonesia, Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023, yang mana berhasil mencetak kampiun baru dari berbagai bidang usaha. WMM 2023 merupakan acara unggulan Bank Mandiri yang digunakan telah dilakukan berlangsung sejak 2007 kemudian menjadi wujud nyata dari komitmen di memperkuat pengembangan wirausaha muda Indonesia.

Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman mengatakan, WMM merupakan kegiatan andalan dari Bank Mandiri yang tersebut diselenggarakan sejak 2007 dan juga merupakan wujud konsistensi Bank Mandiri di memperkuat entrepreneur muda Indonesia. Konsistensi yang disebutkan bukan belaka berhenti pada tahapan kompetisi, namun berlanjut pada tahap pendampingan, pengembangan usaha, juga juga penawaran nasional kemudian lokal yang didukung oleh Bank Mandiri.

“WMM tak hanya saja menjadi kompetisi perlombaan saja, tetapi sudah ada menjadi sebuah komunitas entrepreneur muda yang digunakan solid serta terus meluas dari tahun ke tahun. Hal ini yang mana menjadi semangat bagi kami untuk terus konsisten mengembangkan wirausaha muda Indonesia,” ujar Ali di siaran pers, Hari Minggu (21/1/2024).

Pada tahun ini, WMM menjaring 8.290 pendaftar dari seluruh Indonesia, dengan beragam jenis lalu kategori usaha. Dari total tersebut, terpilih 24 kontestan yang dimaksud lolos ke fase final, yang mana kemudian diuji secara secara langsung oleh para majelis juri yang dimaksud terdiri dari Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Pendiri Cultivar Coffeehouse Wulan Guritno, Inisiator USS Network Sayed Muhammad juga CMO Fore Coffee Matthew Adrian.

Dari 24 Anggota yang dimaksud berhasil lolos ke fase final, Arka Irfani terpilih menghadirkan penghargaan Best of Best WMM 2023 dengan nama industri Bell Living Lab dengan berhasil menyebabkan pulang hadiah sebesar Rupiah 500 juta.

Arka mengembangkan perusahaan pemanfaatan limbah kopi untuk disulap menjadi hasil fashion yang dimaksud kekinian. Sehingga substansi yang disebutkan menjadi komoditas yang mana berkelanjutan serta dapat digunakan berbagai orang.

“Saya merasa WMM sangat bermanfaat akibat dapat bertemu dengan orang-orang yang inspiratif juga bisa saja saling kolaboratif. Saya bukan menyangka sanggup mendapatkan pendanaan untuk mengembangkan bidang usaha sehingga hasil kami semakin luas dimanfaatkan orang. Semoga WMM dapat terus meinspirasi generasi muda,” kata Arka.

Selain Arka Irfani, terdapat juga pemenang Best of the Best dari masing-masing kategori business existing, yaitu Kategori Boga, Sosial & Lingkungan, Teknologi, juga Kreatif.

Berikut adalah daftar lengkap para pemenang WMM 2023 Business Existing:

Kategori Boga:

Juara 1: Muhammad Bayu Hermawan dengan perusahaan Tambiyaku, yang merupakan perusahaan makanan sehat berbahan dasar sorgum yang mana terjangkau.

Juara 2: Redha Taufik Ardias dengan bidang usaha Sila Artisan Tea, yang mana merupakan produsen teh yang tersebut hadir sejak tahun 2018, di misi mengangkat citra komoditas agri Indonesia untuk kesejahteraan insan tani, “consumer wellness”, kemudian kelestarian alam Nusantara.

Juara 3: Wiko Puji Susanto dengan industri Fishsnack, yang dimaksud merupakan snack bergizi dari ikan yang hadir untuk memudahkan makan ikan menjadi lebih banyak praktis, diproduksi dari hulu sampai hilir dengan memberdayakan petani ikan.

Kategori Sosial & Lingkungan:

Juara 1: Mohammad Rofiul Ulum dengan usaha Bintang Songo Indonesia, yang tersebut merupakan bidang usaha yang mana mengutamakan Pemberdayaan Masyarakat, khususnya Ibu Rumah Tangga dalam Area jasa pengolahan limbah Kayu lapis menjadi Bahan Baku Kreator Triplek atau Plywood yang berada di tempat Lumajang

Juara 2: Yonatan Soedarto Prasetia dengan kegiatan bisnis Truly Natural Organic, yang mana merupakan komoditas bumbu alami, cocok untuk vegan, non-MSG, non-GMO, tiada mengandung soya, tak menggunakan substansi pewarna lalu seluruh unsur memberdayakan hasil dari para petani.

Juara 3: Arif Rahman Faiza Asri dengan bidang usaha Nom Nom Herbs & Spices, yang dimaksud merupakan perusahaan rintisan yang digunakan mengembangkan metode, teknologi, lalu sistem ekologi pertanian berkelanjutan dari hulu ke hilir dengan dukungan pembinaan secara secara langsung terhadap para petani.

Kategori Teknologi:

Juara 1: Sandy Wijaya dengan usaha Ciroes, yang tersebut merupakan Circular economy marketplace yang mana menghubungkan penjual serta pembeli sampah daur ulang untuk bertransaksi dengan mudah, cepat, kemudian menguntungkan melalui satu platform

Juara 2: Ratih Rachmatika dengan kegiatan bisnis SIAB Indonesia, yang tersebut merupakan sistem yang mana mengatasi permasalahan air bersih dari hulu ke hilir mulai dari penemuan sumber mata air, filtrasi air bersih secara otomatis sesuai standar kemenkes, pendistribusian air yang tersebut dilaksanakan secara realtime lalu online dengan teknologi Jaringan Internet of Things (IoT) hanya saja dengan satu alat (one stop solution).

Juara 3: Benarivo Triadi Putra dengan kegiatan bisnis Atourin, yang dimaksud merupakan penyedia katalog inventory desa wisata se-Indonesia yang terdiri dari paket wisata, lokal experience, homestay desa, juga souvenir atau oleh-oleh khas desa wisata.

Kategori Kreatif:

Juara 1: Arka Irfani dengan bidang usaha Bell Living Lab, yang merupakan kegiatan bisnis pada pemanfaatan limbah kopi untuk disulap menjadi hasil fashion yang dimaksud kekinian. Menjadikan material tersebut, substansi yang dimaksud berkelanjutan kemudian dapat digunakan banyak orang

Juara 2: Evan Nico Kristanto dengan kegiatan bisnis Locarpet Craft, yang digunakan merupakan Sistem seni kreatif karpet berbasis di dalam Magelang yang menonjolkan esensi aksesori yang menunjang suasana di ruangan melalui seni kemudian desain untuk interior.

Juara 3: Rafida Nur Aini dengan perusahaan Medividi, yang dimaksud merupakan perhiasan berbahan dasar kuningan dilapisi emas 18 karat yang juga menerima custom order untuk wedding, engagement, lalu special occasion lainnya dengan material perak, emas, lalu palladium juga berbagai macam batu.

Disamping pemenang Business Existing terdapat juga Pemenang Business Plan Muhammad Al Faaiz dengan usaha Yumi “live young & healthy” merupakan Fruit Soyghurt Drink yang difermentasi dengan biji kedelai, buah-buahan juga bakteri baik yang tinggi akan protein juga probiotik. Waktu senja penganugerahan WMM 2023 ini juga dimeriahkan oleh hiburan dari Salma.

Acara ini menjadi bukti dari kesuksesan kemudian keberhasilan WMM pada menciptakan wirausaha muda yang mana tangguh, kreatif, kemudian inovatif.

“Kami sangat bangga dan juga senang dengan hasil yang digunakan dicapai oleh para pemenang WMM 2023. Mereka adalah generasi muda yang dimaksud mempunyai semangat serta visi yang digunakan tinggi pada berbisnis. Kami berharap dengan adanya WMM, merekan dapat terus mengembangkan bidang usaha dia lalu menjadi inspirasi bagi entrepreneur muda lainnya,” ungkap Ali.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *