Serba-serbi Penukaran Uang Baru Lebaran 2024

Syariah13 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Bank Indonesia atau BI mengadakan acara penukaran uang baru pada waktu Ramadan mendekati Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 Hijriah. Inisiatif ini bertujuan memenuhi keinginan penduduk untuk pengaplikasian uang yang layak edar selama Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN). 

1. Penukaran Area Jabodebek

Layanan kas keliling untuk penukaran uang baru pada empat lokasi pada Jabodebek mulai Senin, 25 Maret 2024. Lokasi yang dimaksud meliputi Pasar Senen, Pasar Kopro, Pasar Tebet Barat, lalu Pasar Kramat Jati.

Sebelum melakukan penukaran uang, warga diminta untuk melakukan pendaftaran pemesanan terlebih dahulu. Proses pendaftaran dijalankan melalui situs web pintar.bi.go.id dengan memilih lokasi penukaran yang diinginkan. Pengetahuan mengenai lokasi penukaran juga dapat diakses melalui situs yang mana sama.

2. 306 layanan dalam Jawa Barat

Muhamad Nur, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Barat menjelaskan, dengan dengan lembaga perbankan, merek sudah pernah menyiapkan uang tunai sebesar Rp13,2 triliun untuk memenuhi keperluan penukaran uang selama periode Lebaran 2024.

“Besar uang tunai yang dimaksud lebih lanjut tinggi dari proyeksi keperluan uang warga sebesar Rp13,1 triliun yang dimaksud mengacu pada 2023,” kata Nur, Rabu, 20 Maret 2024, diambil dari Antara.

BI juga menyediakan layanan penukaran uang yang digunakan tersebar di dalam 306 lokasi di tempat wilayah Jawa Barat. Lokasi yang disebutkan termasuk termasuk di area kantor perbankan, layanan kas keliling Bank Indonesia, dan juga lokasi-lokasi pusat keramaian seperti bandara, stasiun, terminal, lalu rest area pada beberapa ruas jalan tol.

3. Cara Menukar Uang

Sebelum melakukan penukaran uang baru melalui kas keliling BI publik diwajibkan untuk melakukan langkah-langkah berikut:

– Melakukan pemesanan penukaran uang melalui situs web pintar.bi.go.id serta mendapatkan bukti pemesanan penukaran.

– Mengelompokkan serta menyusun uang rupiah yang mana akan ditukarkan. Uang rupiah perlu dipisahkan berdasarkan jenis pecahan kemudian tahun emisi. Setelah dipisahkan, uang disusun secara searah. Bank Indonesia mengingatkan penduduk untuk bukan menggunakan selotip, perekat, lakban, atau stapler untuk mengelompokkan atau menggabungkan uang.

– Menyiapkan uang yang dimaksud akan ditukarkan dengan nominal yang mana sesuai dengan bukti pemesanan secara persis.

4. Proses Penukaran Uang

Setelah melakukan pemesanan penukaran, saatnya untuk melakukan proses penukaran uang baru. Menurut informasi yang disampaikan melalui situs web PINTAR Bank Indonesia, berikut hal-hal yang tersebut perlu diperhatikan:

– Harus hadir di tempat lokasi, pada tanggal, dan juga waktu yang telah lama tercantum dalam bukti pemesanan

– Menunjukkan bukti pemesanan penukaran pada bentuk digital atau hasil cetak

– Menyiapkan uang rupiah di jumlah agregat yang digunakan sesuai, yang digunakan sudah ada dikelompokkan berdasarkan jenis pecahan juga tahun emisi, juga disusun secara teratur.

– Proses penukaran tak dapat diwakilkan, sehingga penukar harus menghadirkan KTP asli.

5. Rp4 Juta

Bank Indonesia atau BI telah terjadi mengeluarkan kebijakan baru mengenai batas penukaran uang mendekati Hari Raya Idul Fitri 2024. Batas penukaran uang baru telah terjadi ditingkatkan menjadi Rp4 jt bagi masyarakat. Sebelumnya, batas maksimum penukaran Rp3,8 juta.

“Ini sesuai evaluasi kami juga masukan dari rakyat tahun lalu,” kata Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim di area Kantor BI pada Jumat, 15 Maret 2024.

Dia menjelaskan, paket penukaran uang rupiah selama Ramadan hingga Idul Fitri 2024 miliki variasi yang tersebut lebih banyak luas. Tahun ini, penukaran mencakup pecahan mulai dari Rp1.000 hingga Rp50 ribu. Untuk pecahan Simbol Rupiah 1.000, paket penukarannya mencapai Mata Uang Rupiah 100 ribu atau setara dengan 100 lembar. Pecahan Rp2.000, maksimal 200 lembar atau senilai Rp400 ribu.

ANNISA FEBIOLA | ANTARA

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *