Setelah Niger, Chad Isyaratkan Bakal Usir Tim Negeri Paman Sam

Market23 Dilihat

NDJAMENA Chad telah dilakukan mengisyaratkan akan mengusir pasukan Amerika Serikat (AS) dari pangkalan udara ke dekat ibu kota setempat, N’Djamena.

Jika pengusiran itu benar-benar terjadi, maka Chad akan mengikuti langkah Niger—negara Afrika Barat yang tersebut tiada lagi menginginkan kehadiaran tentara Amerika di wilayah mereka.

Menurut laporan beberapa media, mengutip surat-surat yang dimaksud dikirim oleh menteri angkatan bersenjata negara tersebut; Kepala Staf Angkatan Atmosfer Idriss Amine Ahmed, Chad memohonkan pasukan Amerika Serikat untuk menghentikan aktivitas di pangkalan udara dekat N’Djamena—satu-satunya tempat penampilan militer Amerika ke negara tersebut.

Surat-surat yang dimaksud dilaporkan ditujukan untuk atase pertahanan AS. Namun, laporan yang digunakan ada berbeda-beda mengenai isi surat tersebut.

Menurut Bloomberg, yang digunakan mengaku telah dilakukan meninjau salah satu surat yang dimaksud kemudian memverifikasinya dengan juru bicara Kementerian Luar Negeri, Chad belaka memberi peringatan Negeri Paman Sam untuk menghentikan aktivitas merekan di dalam pangkalan tersebut.

Sedangkan CNN, mengutip sumber intelijen, melaporkan bahwa pada surat terpisah militer Amerika Serikat diperintahkan untuk membersihkan seluruh Pangkalan Lingkungan Adji Kossei.

Chad juga dilaporkan mengancam akan membatalkan Status of Forces Agreement (Perjanjian Status Pasukan), dokumen yang digunakan mengatur bagaimana militer Negeri Paman Sam dapat beroperasi di negara tersebut.

“Chad belum memohon pasukan Negeri Paman Sam untuk pergi. Amerika Serikat kemudian Chad sudah setuju bahwa periode setelahnya pemilihan presiden Chad mendatang adalah waktu yang digunakan tepat untuk meninjau kembali kerja serupa keamanan kami,” kata seseorang juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat untuk Bloomberg.

Menurut Reuters, Mulai Pekan (22/4/2024), di surat lain yang ditujukan untuk pemerintahan transisi Chad, Amine Ahmed memaparkan beliau telah lama menyatakan untuk atase pertahanan Negeri Paman Sam untuk menghentikan aktivitas dalam pangkalan udara yang dimaksud pasca pasukan Amerika gagal memberikan dokumen yang tersebut membenarkan peluncuran mereka itu di sana.

Artikel ini disadur dari Setelah Niger, Chad Isyaratkan Bakal Usir Pasukan AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *