Sholat Tahajud 2 Rakaat Sendiri di tempat Rumah: Niat, Tata Cara dan juga Doa

Ragam39 Dilihat

IDN Bisnis

  • Bacaan Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat lalu Artinya
  • Tata Cara Sholat Tahajud 2 Rakaat Sendiri
  • Doa Sholat Tahajud Lengkap & Mustajab

Jakarta – Niat sholat tahajud bukanlah sekadar rutinitas, tetapi merupakan kunci keberkahan hidup. Juga, langkah penting untuk mengungkapkan kesungguhan hati untuk Sang Pencipta sebelum menyelami keheningan malam. Oleh sebab itu, niat ini tidak semata-mata bagian dari kewajiban sholat, tapi juga pintu menuju keampunan serta berkah-Nya.

Sholat tahajud yang mana disarankan oleh Rasulullah SAW bukanlah hanya sekali sebatas kewajiban sunah, melainkan juga cara mendekatkan diri untuk Allah. Dengan minimal dua rakaat, dilaksanakan di dalam sepertiga malam, momen yang mana diawali dengan tidur adalah waktu mustajab untuk memohon hajat juga ampunan dari Allah SWT.

Sebelum memasuki kumpulan gerakan, penting bagi kita memahami niat, tata cara, dan juga doa sholat tahajud. Inilah fondasi agar ibadah kita tambahan khusyuk lalu benar-benar bermakna. Mari kita eksplorasi bersatu bagaimana kita dapat memperdalam pengalaman beribadah ini.

Bacaan Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat juga Artinya

Mengutip buku Panduan Sholat Wajib juga Sunnah Sepanjang Masa Rasulullah SAW karya Arif Rahman, berikut adalah bacaan niat sholat tahajud dua rakaat.

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala

Artinya: “Aku berniat sholat sunnah tahajud dua rakaat, menghadap kiblat, lantaran Allah ta’ala.”

Tata Cara Sholat Tahajud 2 Rakaat Sendiri

Pelaksanaan sholat tahajud secara umum tak sangat berbeda dengan sholat lainnya. Berikut adalah tata cara sholat tahajud.

  1. Membaca niat

  2. Takbiratul ihram

  3. Membaca doa iftitah

  4. Membaca surat Al-Fatihah

  5. Membaca salah satu surat pendek pada Al-Qur’an

  6. Rukuk

  7. Iktidal

  8. Sujud pertama pada rakaat pertama

  9. Duduk antara dua sujud

  10. Sujud kedua pada rakaat pertama

  11. Berdiri, lalu lakukan rakaat kedua dengan aksi kemudian bacaan yang tersebut mirip seperti rakaat pertama sampai sujud kedua

  12. Duduk serta membaca doa tahiyat akhir

  13. Salam

Doa Sholat Tahajud Lengkap & Mustajab

Setelah salam serta mengakhiri sholat tahajud, umat Islam dianjurkan untuk berdoa. Apalagi pada waktu sepertiga di malam hari merupakan waktu yang mana mustajab untuk berdoa.

Dikutip dari buku 10 Kesaksian Pengamal Tahajud karya Hendri Kusuma Wahyudi, berikut adalah salah satu lafadz doa pasca sholat tahajud:

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allahumma lakal hamdu anta qoyyumus samawati wal ardhi wa man fihinna, wa lakal hamdu anta malikus sejenis wati wal ardhi wa man fihinna, wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fihinna, wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqqun, wannaru haqqun, wan-nabiyyuna haqqun, wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallam haqquw wassaa’atu haqqun. Allahumma laka aslamtu, wa bika amantu, wa’alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wabika khashamtu, wa ilaika hakamtu, faghfirli ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wama asrartu, wamaa a’lantu, wama anta a’lamu bihi minni, anta; muqoddimu wa antal mu’akhkhiru la ilaha anta, wala haula wa la quwwata illa billah.

Artinya: “Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkaulah yang dimaksud mengurus langit lalu bumi juga semua makhluk yang tersebut ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit serta bumi beserta semua makhluk yang digunakan ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit serta bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha Benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar kemudian Nabi Muhammad SAW adalah benar dan juga hari kiamat adalah benar.”

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *