Siap-siap! Subsidi BBM Bakal Dipangkas demi Wujudkan Rencana Prabowo Makan Siang Gratis

Bisnis52 Dilihat

IDN Bisnis JAKARTA – Prabowo Subianto yang tersebut digadang-gadang akan terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia di Pemilian Umum (Pemilu) 2024 menyatakan siap merealisasikan janji kampanyenya yakni makan siang gratis . Dikutip dari Bloomberg, Hari Jumat (16/2/2024) Calon Presiden Nomor Urut 02 itu akan datang merealisasikan acara makan siang gratis ini dengan memangkas subsidi BBM pada proposal kebijakan pertamanya.

Langkah yang dimaksud disampaikan oleh Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Eddy Soeparno yang dimaksud menerangkan, pemerintahan Prabowo dapat menyesuaikan subsidi energi selama 2 hingga 3 bulan ke depan pasca resmi menjabat pada Oktober mendatang.

“Sekitar 80 persen dari Rp350 triliun anggaran yang tersebut dikeluarkan pemerintah untuk subsisi solar kemudian LPG 3 kg, ternyata lebih lanjut bermanfaar bagi penduduk Indonesia yang dimaksud berpenghasilan menengah lalu tinggi,” terangnya.

Eddy menambahkan, pada sisi lain, pria yang tersebut hingga pada masa kini masih menjabat sebagai Menteri Keamanan itu juga ingin menghentikan celah di pengumpulan pajak untuk menciptakan tambahan berbagai pendapatan.

Eddy mencatat, penerimaan pajak Indonesia hanya saja setara 10% hasil domestik bruto (PDB), sedangkan negara tetangga pada Asia Tenggara ini mempunyai rasio pajak sebesar 14%.

“Reformasi pendapatan harus membantu mengalokasikan dana untuk janji kampanye utama Prabowo, yaitu menyediakan makan siang serta susu terhadap 80 jt anak sekolah di tempat Indonesia, membantu meningkatkan hasil kondisi tubuh juga pendidikan, sekaligus menciptakan lapangan kerja bagi perempuan lalu pengusaha,” tutur Eddy.

Lebih lanjut Eddy menuturkan, kegiatan ini diperkirakan menelan biaya lebih tinggi dari Rp400 triliun, lebih lanjut besar dari seluruh defisit anggaran 2023 yang digunakan tercatat sebesar Rp347,6 triliun atau sekitar 1,65% dari PDB.

Eddy bahkan menyebutkan, untuk membantu memuluskan jnji kampanyenya itu, Prabowo akan berupaya merancang koalisi yang mana kuat di dalam parlemen, termasuk dengan mengundang partai-partai lain seperti calon terdepan PDI-P. Tidak belaka itu, Prabowo bahkan kemungkinan besar merekrut calon presiden lainnya, Anies Baswedan juga Ganjar Pranowo, untuk bergabung pada pemerintahannya.

“Dia menilai itu adalah formula sukses untuk memulai pembangunan pemerintahan yang digunakan stabil ke depan,” tutup Eddy.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *