Soal Asuransi Mobil Listrik, OJK Bakal Siapkan Aturan Khusus

Finansial61 Dilihat

IDN Bisnis JAKARTA. Dewasa ini pemerintah berada dalam menggalakkan inisiatif percepatan adopsi mobil listrik berbasis penyimpan daya alias battery electric vehicle (BEV) sebagai alat transportasi.

Seiring dengan hal tersebut, beberapa perusahaan asuransi pun sekarang ini mulai memberikan dukungan dengan meluncurkan proteksi menghadapi mobil ramah lingkungan ini di dalam level konsumen.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan, hasil ini diperkenalkan dengan menambahkan fasilitas tambahan dari barang asuransi kendaraan konvensional.

Namun, Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, serta Dana Pensiun Ogi Prastomiyono menjelaskan, ketika ini asuransi untuk kendaraan listrik belum diatur secara khusus oleh OJK.

Penerapan tarif pada produk-produk asuransi mobil listrik masih mengacu pada SEOJK 06/2017 mengenai penetapan tarif pada lini bisnis kendaraan bermotor lalu harta benda.

“Tapi, OJK mengimbau perusahaan asuransi yang tersebut jual barang asuransi kendaraan listrik untuk setiap saat melakukan proses underwriting secara memadai termasuk penentuan nilai tukar (pricing) yang tersebut cukup hingga pengelolaan risiko kendaraaan listrik,” kata beliau di keterangan resmi, Kamis (22/2/2024).

Ia menambahkan, perusahaan asuransi perlu melakukan penilaian lalu penyesuaian pricing setiap tahunnya berdasarkan loss and risk profile asuransi kendaraan listrik pada tahun-tahun sebelumnya.

Ke depan, OJK akan mengkaji serta menyempurnakan SEOJK 06/2017 dengan mempertimbangkan risiko-risiko khusus yang mana timbul pada kendaraan listrik seperti risiko tegangan tinggi.

“Risiko lain yang dimaksud dapat terjadi misalnya kecelakaan akibat less noise pada kendaraan listrik lalu risiko kegagalan sistem pada kendaraan listrik,” kata Ogi.

Adapun sampai kuartal III/2023, OJK mencatat porsi pernyaluran kredit untuk kendaraan listrik atau electrified vehicles (EV) terbilang masih kecil, yakni dalam kisaran 0,01 persen dari total pembiayaan.

Artikel ini telah lama tayang pada Kompas.com dengan judul “OJK Bakal Siapkan Aturan Khusus Asuransi Mobil Listrik”



Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *