Sumsel terima alokasi pupuk urea subsidi 72.752 ton pada 2024

Market11 Dilihat

IDN Bisnis Secara nasional memang benar dibatasi, kurang lebih tinggi per provinsi belaka mendapatkan 53 persen dari usulan

Palembang – Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menerima alokasi pupuk urea bersubsidi sebanyak 72.752 ton pada tahun 2024.

Kepala Sektor Sarana juga Prasarana Dinas Tanaman Pangan kemudian Hortikultura Sumsel Yudi Sudihartono di dalam Palembang, Senin, mengungkapkan untuk pupuk jenis NPK bersubsidi tempat itu mendapatkan alokasi sebanyak 69.452 ton.

“Alokasi yang dimaksud mengalami penurunan, akibat pada tahun 2023 alokasi pupuk urea bersubsidi sebanyak 250 ribu ton dan juga pupuk NPK bersubsidi sebanyak 188 ribu ton NPK,” ujarnya.

Ia menjelaskan alokasi pupuk yang tersebut disalurkan oleh pemerintah pusat melalui Pupuk Indonesia berdasarkan pada jumlah keseluruhan usulan yang digunakan diajukan oleh setiap kabupaten/kota.

Namun, sebab adanya keterbatasan anggaran dari pusat juga kenaikan unsur baku pupuk NPK maka alokasi dibatasi.

“Secara nasional memang sebenarnya dibatasi, kurang lebih besar per provinsi hanya saja mendapatkan 53 persen dari usulan yang digunakan diajukan,” jelasnya.

Meski demikian, ia menyatakan untuk musim tanam selanjutnya pemerintah pusat berencana melakukan penambahan untuk anggaran pupuk subsidi.

Hal itu tertuang pada surat Direktorat Jenderal Prasarana serta Sarana Pertanian Nomor : B-05/RC.210/B/01/2024 yang digunakan menyebutkan usulan anggaran tambahan untuk pupuk subsidi sesuai arahan Presiden RI sebesar Rp14 triliun setara dengan sekitar 2,5 jt ton pupuk yang digunakan sedang diproses.

“Mudah-mudahan rencana yang dimaksud dapat terealisasikan,” kata Yudi.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan lalu Hortikultura Provinsi Sumsel mencatat penyaluran pupuk bersubsidi jenis urea dalam wilayah ini mencapai 108 ribu ton hingga November 2023.

Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *