Tidak Hanya Tabungan lalu Asuransi, Ini adalah 5 Jalan Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Techno18 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Setiap orang tua pastinya ingin memberikan yang dimaksud terbaik untuk anak-anaknya, termasuk mengusahakan untuk mendapatkan institusi belajar yang layak juga setinggi-tingginya. Mempersiapkan dana sekolah anak dapat dijalankan dari jarak jauh hari. 

Salah satu hal yang tersebut menjadi tanggungan orang tua adalah lembaga pendidikan anak untuk masa depannya. Orang tua harus pandai-pandai mengatur juga menyimpan uang untuk permintaan primer anak tersebut. Di era pada waktu ini sudah ada sejumlah badan keuangan yang menawarkan keuntungan tertentu untuk menyimpan dana pendidikan. Entah di bentuk tabungan ataupun asuransi pendidikan.

Dilansir berhadapan dengan Bank Mega Syariah, di tabungan pendidikan, setiap pengguna diatur untuk menyimpan sebagian jumlah dengan limit pengambilan juga biaya penanganan tertentu. Tabungan lembaga pendidikan anak tak terdapat proteksi dan juga digunakan di jangka waktu menengah saja. Berbeda dengan asuransi pendidikan, pada dalamnya memiliki pemeliharaan risiko bila nama yang dimaksud diasuransikan mengalami sakit, kecelakaan, hingga meninggal dunia.

Selain melalui tabungan juga asuransi. Ada banyak cara lain untuk mempersiapkan dana lembaga pendidikan anak. Dilansir dari berbagai sumber, iniah 5 cara yang tersebut bisa saja dilakukan: 

1. Memulai Rekening Tabungan Khusus Pendidikan Sejak Anak Lahir

Dilansir dari laman Fort Pitt Capital Group, memulai tabungan pada waktu usia anak masih dini sangat disarankan lantaran keperluan masih seputar hidup suami-istri dan juga keperluan primer anak saja. Anak balita cenderung tidak ada banyak memerlukan biaya seperti pada waktu anak menginjak remaja. Lebih awal menabung akan semakin berbagai dana yang digunakan terkumpul dan juga sifatnya pun fleksibel tak memberatkan orang tua.

2. Sesuaikan Tujuan Rencana Kuliah Anak 

Sebagian besar orang tua berpikir biaya kuliah begitu mengambil keuangan yang tersebut besar dibandingkan dengan permintaan lainnya. Dalam hal ini, menyarankan orang tua untuk realistis kemudian menyesuaikan dana pemasukan yang dimaksud ingin disisihkan untuk biaya tabungan pendidikan. Para ahli keuangan juga menyarankan untuk mennabung 50 persen pendapatan untuk biaya kuliah anak pada masa depan.

3. Memisahkan Rekening Pribadi dengan Rekening Khusus Pendidikan

Ada baiknya untuk memisahkan antara dana lainnya termasuk kebutuhan, kesehatan, dan juga pensiun dengan dana kuliah anak. Salah satu tujuannya yaitu menghindari dari pengaplikasian dana yang mana mendadak terjadi. Dikutip dari Bay Atlantic University, ada sebagian tips yang dimaksud dapat digunakan orang tua untuk memilih bank yang menerapkan limit evakuasi hingga tersisa tertentu. Pilih juga bank yang mana biaya pemeliharaannya rendah sehingga tak banyak memotong keseimbangan rekening.

4. Ajarkan Anak untuk Membiasakan Menabung Sejak Kecil

Masih dari kutipan yang mana sama, peran anak sendiri sangat penting untuk melibatkan pada proses menabung. Ajak anak untuk mulai berhemat kemudian menabung dengan cara sederhana, seperti halnya menyisihkan uang jajan, memberikan merekan benda untuk menyimpan tabungan, juga memberikan hadiah apabila berhasil mencapai target tabungan tertentu. 

5. Manfaatkan Tabungan Emas

Emas menjadi salah satu jalan menabung dengan cara penanaman modal yang mana menguntungkan pada masa depan. Dilansir dari lama Sahabat Pegadaian, kelebihan tabungan emas ini yakni mempunyai proses yang mana praktis, tahan invlasi, cocok untuk keperluan mendesak sewaktu-waktu, bebas pajak, lalu tentunya kepemilikan yang tersebut pasti.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *