Tips Mencegah Barang Hilang atau Dicuri dalam Bagasi Pesawat

Ragam40 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Pencurian bagasi di penerbangan jadi pembicaraan akhir-akhir ini. Baru-baru ini, 20 penumpang pesawat dari Jamaika ke Kanada kehilangan barang di area koper, tampak ada bekas sayatan lalu kunci yang mana dipatahkan. Desember lalu, orang pekerja di area Bandara Tenerife Selatan di dalam Spanyol ditangkap oleh sebab itu dicurigai mencuri barang penumpang yang digunakan disimpan pada bagasi. Total nilai barang yang tersebut dicuri senilai hampir 2 jt euro atau Rp34 miliar. 

Tas yang tersebut disimpan di tempat bagasi menjadi incaran oleh sebab itu kerap kali diisi dengan barang bernilai tinggi seperti laptop, uang tunai, juga kamera. Untungnya, ada berapa langkah yang tersebut dapat diambil untuk menghindari pencurian barang berharga di area berada dalam penerbangan.

General Manager Inggris dalam World Nomads Travel Insurance, Jonathan Frankham, menyatakan tidaklah mengamati adanya tren klaim pencurian bagasi di penerbangan meningkat di beberapa tahun terakhir, tapi beliau mengingatkan agar tetap memperlihatkan waspada dan juga mengambil langkah-langkah untuk memverifikasi keamanan harta benda serta barang-barang penting lain. 

Dia mengatakan, para pencuri biasanya beraksi pada waktu para pelancong sedang duduk nyaman dalam ruang tunggu atau pesawat. 

“Pada momen-momen inilah, ketika jam makan ramai, lampu redup, atau pada waktu pergi ke toilet, para pencuri mungkin saja akan mencoba peruntungannya,” kata dia. 

Berikut tips menjaga dari barang hilang di tempat bagasi pesawat.

1. Pilihlah tas punggung kuat yang dapat dikunci dengan aman

Memilih tas punggung yang digunakan kokoh juga mempunyai ciri kunci yang mana aman membantu melindungi barang-barang dari pencurian. Dengan layanan kunci yang dimaksud aman, penumpang dapat menjamin bahwa tas hanya sekali bisa jadi dibuka oleh pemiliknya. 

2. Tandai ristleting dengan pita warna

Tandai resleting dengan pita warna-warni untuk memudahkan identifikasi tas di area antara berbagai tas serupa. Ini adalah membantu penumpang mengenali tas serta menurunkan kemungkinan kehilangan di area antara banyaknya tas di area tempat umum.

3. Gunakan tas pinggang

Kantong atau tas pinggang adalah pilihan aman lalu praktis untuk menyimpan barang berharga seperti paspor, uang tunai, atau telepon. Jika bukan memungkinkan, bawa barang-barang ini pada saku untuk menurunkan risiko pencurian.

4. Jangan meninggalkan barang tanpa pengawasan

Meninggalkan barang berharga tanpa pengawasan meningkatkan risiko pencurian Selalu pastikan untuk menjaga barang-barang berharga di tempat bawah pengawasan atau dalam lokasi yang digunakan aman.

5. Gunakan Air Tag

Pramugari yang mana dikenal dengan nama CiCi membagikan tips perjalanan ke halaman TikTok miliknya @‌Ciciinthesky. Pramugari CiCi merekomendasikan pemanfaatan Apple Air Tag untuk mengamankan bagasi lalu barang berharga ketika bepergian. Air Tag adalah perangkat kecil yang mana menggunakan sinyal Bluetooth untuk melacak lokasi barang melalui perangkat lunak pada iPhone. Penggunawan dapat memantau lokasi barang secara real-time sehingg menghurangi risiko kehilangan atau pencurian. 

Jika semua barang berada dalam tempat yang mana aman juga di pengawasan,

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *