Top 3 Tekno: Dari Sanksi Eks Ketua BEM UI Melki Sedek, Peluang Cuaca Ekstrem Menjelang Pencoblosan Pemilu, sampai Konsekuensi Update One UI 6.1 Samsung

Techno16 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Top 3 Tekno Berita Terkini, Kamis pagi,1 Februari 2024, berisi beberapa artikel terpopuler. Tema yang mana mendominasi adalah tentang rekomendasi Satgas PPKS Universitas Indonesia (UI) mengenai perkara kekerasan seksual yang digunakan diadakan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) Nonaktif, Melki Sedek. Surat Keputusan (SK) Rektor UI yang mana diteken pada 29 Januari, berisi sanksi administratif untuk Melki, yakni skorsing selama satu semester. Ada delapan poin utama di SK tersebut.

Artikel terpopuler kedua adalah peringatan keras waspada cuaca ekstrem dari Badan Penelitian serta Inovasi Nasional (BRIN). Dari prakiraan BRIN, puncak musim hujan terjadi sejak pada waktu ini hingga 10 Februari nanti, mendekati penghujung masa kampanye pemilihan umum serentak 2024. Pimpinan BRIN menyatakan cuaca ekstrem bukan mudah diperkirkan

Berita terpopuler ketiga terkait ciri notifikasi yang hilang pada update One UI 6.1 di dalam seri Samsung. Pembaharuan itu muncul tak lama setelahnya pengenalan Samsung seri Galaxy S24. Pembaharuan ini tersedia untuk ponsel Samsung Galaxy Series juga Tablet yang sudah ada memakai Android 14. Pembaruan ciri yang paling menonjol adalah bagian artificial intelligence atau Teknologi AI generatif.

Berikut Top 3 Tekno Berita Terkini, Kamis pagi 1 Januari 2024, selengkapnya,

1. 8 Rekomendasi Satgas PPKS UI masalah Kasus Kekerasan Seksual Melki Sedek, Ada Skorsing hingga Konseling

Ketua BEM UI Nonaktif, Melki Sedek, dinyatakan sebagai pelaku kekerasan seksual berdasarkan surat tindakan (SK) Rektor UI bernomor 49/SK/R/UI/2024. Surat itu itu berisi sanksi administratif untuk Melki, yaitu skorsing selama satu semester atau enam bulan. “Bahwa Melki Sadek terbukti melakukan kekerasan seksual berdasarkan hasil pemeriksaan, alat bukti, juga keterangan yang digunakan telah lama dihimpun oleh Satuan Tugas Pencegahan kemudian Penanganan Kekerasan Seksual atau Satgas PPKS UI,” tulis SK yang tersebut didapat Tempo pada 30 Januari 2024.

Kebenaran surat ini sudah ada dikonfrimasi oleh Kepala Humas UI, Amelita Lusia, untuk Tempo. “Benar bahwa (surat) itu resmi,” ucapannya pada Rabu, 31 Januari 2024. Dia pun menyatakan Satgas PPKS UI mengeluarkan rekomendasi sanksi yang digunakan ditetapkan dengan Keputusan Rektor. Ada delapan poin pada SK yang tersebut ditetapkan Rektor UI melalui rekomendasi Satgas PPKS, mulai dari skorsing, pelayanan psikis juga bantuan hukum dari Satgas PPKS UI apabila dibutuhkan korban, pelaksanaan konseling atau edukasi pada pelaku, dan juga pemantauan untuk memverifikasi bahwa pelaku tiada melanggar hal-hal yang dimaksud ditetapkan.

Ada juga poin lain mengenai rekomendasi sanksi yang tersebut lebih besar berat, seperti dikeluarkan dari kampus, bila pelaku terbukti melanggar ketentuan. Lainnya adalah pengamanan keamanan terhadap korban lalu saksi, dan juga adanya hak korban ataupun pelaku untuk pemeriksaan ulang.

2. BRIN: Waspada Cuaca Ekstrem Menjelang Coblosan pemilihan raya Serentak 2024

BRIN memperkirakan puncak musim hujan terjadi sejak ketika ini sampai ujung periode kampanye pilpres serentak 2024. Intensitas hujan di dalam sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk Ibukota dan juga sekitrnya, berpeluang naik ke taraf ekstrem. Intensitas hujan pada Jabodetabek masih pada taraf 40 milimeter per hari.

Cuaca ekstrem dapat dihindari bila kondisi itu bertahan sepanjang puncak musim hujan nanti maka dampak cuaca ekstrem dapat dihindari. Namun, Peneliti Klimatologi di tempat Pusat Investigasi Iklim juga Atmosfer BRIN, Erma Yulihasti, mengatakan cuaca ekstrem bukan mudah diperkirakan.  “Peluang bahaya kemudian risikonya besar, diharapkan ada mitigasinya dan juga upaya yang dimaksud kuat dari lintas sektor,” katanya dalam Industri Media Lounge Discussion BRIN, Rabu 31 Januari 2024.

Sebagai gambaran, intensitas hujan yang berada pada menghadapi ambang batas 109 mm per hari sampai 10 Februari nanti akan mampu menyebabkan banjir besar. Prakiraan Erma senada dengan data yang dimiliki Badan Meteorologi Klimatologi juga Geofisika (BMKG). Sebelumnya BMKG pun memperkirakan masih ada kemungkinan hujan ringan hingga lebat yang rutin pada beberapa wilayah Indonesia hingga 28 Februari 2024.

3. Update One UI 6.1 Bikin Fitur Notifikasi Bawaan Samsung Hilang, Begini Cara Mengatasinya

Update terbaru One UI 6.1 dari Samsung menghadirkan peningkatan fitur, teristimewa untuk artificial intelligence atau Kecerdasan Buatan generatif. Tersedia dalam ponsel Samsung Galaxy Series serta Tablet yang mana sudah ada memakai Android 14, update One UI 6,1 berisi Teknologi AI tingkat tinggi, contohnya untuk live translate lalu wallpaper generatif.

Kendati demikian, tak semua update One UI 6.1 berjalan mulus. Gizmochina, pada Rabu, 31 Januari 2024, melaporkan update itu dapat menyebabkan hilangnya layanan notifikasi bawaan Samsung. Kondisi ini sanggup semata menyusahkan pengguna, khususnya mereka yang dimaksud ingin menerima notifikasi dari berbagai aplikasi mobile di dalam Samsung. Namun pengaturan fasilitas saluran notifikasi tidaklah terlalu sulit. Langkah-langkahnya dapat disimak pada artikel tersebut.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *