Transaksi festival halal BI Kaltim capai Rp1,36 miliar

Bisnis19 Dilihat

Capaian kegiatan sebesar Rp1,36 miliar ini merupakan hasil rangkaian Kalafest, diantaranya Sharia Expo serta Business Matching…..

Samarinda –

Festival halal dengan nama Kaltim Halal Festival (Kalafest) yang digunakan digelar Bank Nusantara Kantor Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (BI Kaltim) selama tiga hari, Kamis-Sabtu (30 Mei – 1 Juni/2024), menciptakan proses mencapai Rp1,36 miliar.

 

"Capaian kegiatan sebesar Rp1,36 miliar ini merupakan hasil rangkaian Kalafest, termasuk Sharia Expo lalu Business Matching dengan jumlah total pengunjung mencapai 74.325 orang," ujar Kepala BI Kaltim Budi Widihartanto di Samarinda, Minggu.

 

Dalam rangkaian ini juga ada seminar dunia usaha dan juga keuangan syariah dengan tema "Menakar Prospek kemudian Tantangan Penguraian Sektor Bisnis lalu Keuangan Syariah di dalam Kaltim".

 

 

Dalam seminar ini juga ada Sharia Conference yang tersebut dihadiri oleh 5.557 peserta. Di seminar ini disebutkan jumlah barang yang mana bersertifikasi halal melalui Lembaga Pendamping Proses Sistem Halal (LP3H) di Daerah Perkotaan Samarinda mencapai 6.572 UMKM, hingga Mei 2024

 

Indeks pemahaman partisipan terhadap ekonomi serta keuangan syariah di kegiatan ini berada pada rata-rata 89 per 100, sementara pengajuan melalui Proyek Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) banyaknya 220 aplikasi.

 

"Upaya mengupayakan akselerasi sertifikasi halal terus dilakukan, mengingat pentingnya peran lapangan usaha halal untuk menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan, juga memperluas basis dunia usaha syariah sehingga berkontribusi positif pada peningkatan perekonomian daerah," katanya.

 

Menurutnya, Kalafest diselenggarakan untuk meningkatkan literasi terhadap peluang ekonomi dan juga keuangan syariah (eksyar), mengupayakan perluasan "halal value chain", juga platform digital pemasaran komoditas halal dan juga terkurasi di dua rencana utama, yaitu sharia conference juga sharia expo.

 

Budi  menyampaikan apresiasi menghadapi dukungan dari seluruh pihak untuk menyukseskan kegiatan Kalafest 2024, sehingga giat selama tiga hari yang dimaksud sukses, berbagai warga yang tertarik kemudian berkunjung, hingga perolehan nilai proses dari usaha syariah cukup tinggi

 

"Festival ini berkolaborasi dengan Komite Daerah Sektor Bisnis kemudian Keuangan Syariah (KDEKS) Kaltim dengan Pemprov Kaltim, yakni untuk diseminasi berbagai kebijakan juga isu-isu terkini terkait eksyar dan juga peningkatan pemahaman komunitas terhadap perluasan rantai usaha halal," katanya.

 

 

Artikel ini disadur dari Transaksi festival halal BI Kaltim capai Rp1,36 miliar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *