Tren Pasar Mobil Indonesia 2024: LCGC Masih Diminati, Mobil Listrik Naik

Otomotif16 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Pengamat otomotif LPEM Universitas Indonesia Riyanto menyatakan bahwa tren lingkungan ekonomi mobil Indonesia di dalam tahun 2024 akan didominasi segmen low cost green car (LCGC). Khususnya bagi penduduk pemilik mobil pertama dengan dana yang mana tiada besar.

“Mobil LCGC masih diminati. Mobil segmen ini menyasar kalangan muda dan juga keluarga muda,” kata Riyanto, diambil dari situs berita Antara pada hari ini, Kamis, 1 Februari 2024.

Mobil LCGC ini disebut masih akan tetap saja dilirik lantaran faktor ekonomis kemudian efisiensi bagi konsumen. Ketersediaan mobil jenis ini menjadi pilihan bagi konsumen yang digunakan berada dalam berhemat, meskipun harus mengorbankan kenyamanan kemudian kualitas mobil.

“Saya rasa pada tahun 2024, total mobil LCGC masih menjadi pilihan bagi warga yang digunakan mementingkan fungsionalitas,” ujarnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), LCGC berada di dalam kedudukan kedua dan juga ketiga sebagai mobil terlaris pada tahun 2023. Tercatat ada lima mobil LCGC yang penjualannya moncer di tempat tahun lalu, yakni Daihatsu Sigra, Honda Brio, Toyota Calya, Toyota Agya, dan juga Daihatsu Ayla.

Tak cuma LCGC, kendaraan ramah lingkungan atau kendaraan listrik juga diprediksi akan semakin diminati publik di dalam tahun ini. Minat publik meningkat sebab berbagai dukungan dari pemerintah, produsen otomotif, juga juga sektor lainnya.

“Sekarang kan sudah ada sejumlah produsen mobil listrik yang digunakan masuk bursa Indonesia serta ada juga yang tersebut akan merancang fasilitasnya di tempat sini. Menurut saya, hal itu akan memproduksi harganya bisa saja jadi lebih tinggi terjangkau,” ujar Riyanto.

Banyak Pilihan Kendaraan Listrik

Masuknya raksasa otomotif Cina, BYD (Build Your Dreams), ke Indonesia memproduksi pangsa kendaraan listrik semakin menarik. BYD sekaligus memperkenalkan tiga model untuk dipasarkan yakni Dolphin, Atto 3, lalu Seal. Model-model ini diperkirakan memiliki nilai antara Rupiah 300 jt hingga Simbol Rupiah 700 jutaan. 

Selain BYD, produsen Cina lainnya yang dimaksud telah terlebih dahulu memasarkan hasil listriknya di dalam Indonesia adalah Wuling melalui Air ev serta Binguo EV. Lalu ada Seres E1 yang berada di tempat bawah naungan Dongfeng Sokon (DFSK). Air ev kemudian Seres E1 menarik akibat dibanderol dengan biaya relatif terjangkau mulai Rupiah 180 jutaan. 

Mobil listrik selama Cina lainnya, Neta V, menjadi pemain baru pada segmen Simbol Rupiah 300 jutaan. Model ini bersaing dengan merek dengan syarat Prancis, Citroen e-C3, BYD Dolphin, Wuling Binguo EV, dan juga Chery Omoda EV. 

Di segmen medium, ada model terlaris Hyundai Ioniq 5 yang dimaksud sebentar lagi akan mendapatkan saingan dari BYD Seal. 

Pemain di tempat segmen premium dengan nilai dalam berhadapan dengan Rupiah 1 miliar justru miliki banyak pemain. Ada Toyota bZ4X, Hyundai Ioniq 6, BMW iX, BMW i7, Mercedes-Benz EQA, hingga Porsche Taycan. 

Tren Penjualan Kendaraan Masih Positif

Riyanto mengungkapkan bahwa tren pelanggan kendaraan di dalam Indonesia tahun ini masih positif. Salah satu penyebabnya adalah lantaran penduduk meninjau kendaraan masihi sebagai sebuah keinginan penunjang aktivitas sehari-hari.

“Kelompok dengan perekonomian mampu akan tetap saja membeli mobil baru,” ujarnya.

Gaikindo sendiri dalam 2024 ini berusaha mencapai jualan mobil di tempat lingkungan ekonomi domestik dapat mencapai 1,1 jt unit. Segmen yang dimaksud mendominasi pelanggan mobil tahun ini adalah MPV, khusus Low MPV serta juga segmen LCGC.

“Mudah-mudahan masih dapat tembus 1 jt unit ya atau sesuai dengan target kita, jikalau di tempat Desember (2023) sampai di area 80 ribu unit,” ujar Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara, diambil dari situs resmi Gaikindo.

DICKY KURNIAWAN | ANTARA

Pilihan Editor: Pasokan Mobil Listrik BYD ke Indonesia Pakai Jalur Khusus

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di dalam atas? Mari bergabung di area membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *