Unhan kunjungi FSRU Jawa Satu bangun kolaborasi akademisi dan juga bidang

Bisnis14 Dilihat

Kunjungan ini merupakan bagian dari acara edukasi kami terhadap penduduk khususnya akademisi guna mengenal lapangan usaha LNG

Jakarta – Tim Inisiatif Studi Ketahanan Daya Universitas Keamanan (Unhan) didampingi oleh jajaran direksi PT GTS Internasional Tbk. (kode saham: GTSI) mengunjungi Floating Storage Regasification Unit (FSRU) Jawa Satu sebagai upaya meningkatkan kolaborasi akademisi lalu pelaku industri.

“Kunjungan ini merupakan bagian dari acara edukasi kami terhadap rakyat khususnya akademisi guna mengenal lapangan usaha LNG,” ujar Direktur Utama GTSI Tammy Meidharma pada pernyataannya di Jakarta, Jumat.

FSRU Jawa Satu merupakan infrastruktur pendukung utama PLTGU Jawa Satu, Karawang, Jawa Barat, berbentuk kapal pengangkut kemudian regasifikasi gas alam cair (liquified natural gas/LNG) dengan kapasitas penyimpanan kargo LNG sebesar 170.150 m3.

Kapal berkapasitas unit regasifikasi 320 jt standar kaki kubik per hari (million standard cubic feet per day/mmscfd) yang disebutkan berperan untuk menghadirkan pasokan LNG dari kilang BP Tangguh, Papua Barat, ke PLTGU Jawa Satu.

Tammy berharap bahwa dengan mengawasi operasional FSRU Jawa Satu secara lebih lanjut dekat, para akademisi yang disebutkan dapat semakin mengetahui peran dari FSRU terhadap ketahanan energi Indonesia yang digunakan merupakan salah satu elemen kunci dari kedaulatan nasional dan juga pertahanan negara.

Ia pun memaparkan bahwa pihaknya sebagai salah satu pemegang saham PT Jawa Satu Regas (JSR) yang mengatur FSRU Jawa Satu menyambut baik kunjungan dari Unhan tersebut.

“Kami mengapresiasi inisiasi dari Unhan ini, juga kami mempergunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan salah satu bagian dari infrastruktur energi nasional yang memiliki peran strategis untuk ketahanan energi nasional,” kata Tammy.

Ia menuturkan bahwa selama kunjungan, pihaknya memberikan berubah-ubah penjelasan terkait operasi, sistem keamanan, juga tantangan pada pengelolaan infrastruktur tersebut.

Selain itu, para siswa lalu dosen Unhan juga diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan jajaran direksi GTSI, Direktur Utama JSR Indra Trigha, dan juga grup yang dimaksud bertugas melaksanakan operasional di lapangan.

Melalui kegiatan tersebut, pelajar Unhan diharapkan dapat lebih tinggi siap pada menghadapi tantangan pada planet kerja serta memberikan partisipasi nyata bagi konstruksi nasional nantinya.

Tammy pun berharap kunjungan akademik yang dimaksud dapat dilaksanakan secara berkala untuk mempertahankan relevansi kurikulum institusi belajar tinggi dengan perkembangan teknologi serta bidang terkini.

“Kami berjanji untuk menggalang sekolah kemudian penelitian dalam bidang ketahanan energi, juga membuka potensi kerja sebanding lebih besar lanjut dengan Unhan,” imbuhnya.
 

Artikel ini disadur dari Unhan kunjungi FSRU Jawa Satu bangun kolaborasi akademisi dan industri

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *