Unpad Akan Pilih Rektor Baru, Ketua MWA Tekankan Calon yang Bisa Cari Uang

Techno58 Dilihat

IDN Bisnis Bandung – Universitas Padjadjaran (Unpad) akan menyelenggarakan pemilihan rektor periode 2024 – 2029. Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Unpad Arief Yahya mengatakan, proses pemilihan Rektor Unpad mengacu pada prinsip pemilihan yang tersebut berasaskan good university governance.

“Di antaranya transparan, kredibel, responsif, jujur, demokratis, hingga inklusif,” katanya lewat keterangan tertulis, Ahad, 25 Februari 2024.

Selain itu, Arief juga mengungkapkan kriteria calon Rektor Unpad. Menurut dia, memilih manusia rektor tidak cuma sebagai academic leader, tetapi juga mampu menjadi pimpinan atau business leader. Alasannya, sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH), campur tangan pemerintah khususnya di suntikan anggaran untuk Unpad akan semakin kecil.

Untuk mendongkrak peningkatan pendapatan PTNBH di area luar dana APBN, kata Arief, rektornya juga perlu bertindak sebagai corporate leader. Untuk mewujudkan harapan tersebut, MWA Unpad melalui panitia pengarah serta panitia pelaksana akan melakukan beberapa orang penilaian untuk mengukur seseorang layak untuk dipilih sebagai Rektor Unpad. “Kita harus cari dosen yang mana mengerti bisnis, sehingga beliau bisa jadi tahu bagaimana mencari uang (pendapatan),” kata Arief.

Sementara, Rektor Rina Indiastuti mengklaim kalau Unpad terus mengalami perkembangan sebagai perguruan tinggi yang dimaksud telah berdiri sejak 1957. Tapi, beliau menambahkan, perkembangan itu memiliki tantangan yang digunakan besar pula. 

Dia meminta-minta panitia mengawal proses pemilihan secara kondusif dan juga lancar hingga pelantikan rektor terpilih dilakukan. “Tidak sedikit perguruan tinggi yang memiliki berita kurang positif. Mudah-mudahan selama perjalanan pilrek, dalam luar sana tetap saja menilai positif ke Unpad,” katanya.

Proses Pemilihan Rektor Unpad Periode 2024-2029 secara resmi akan diresmikan pada 1 Maret 2024.

Pilihan Editor: Redmi Peringatkan Tren Pemakaian Cairan Pelindung Layar Ponsel

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *