Wae Rebo dalam Flores Masuk Peringkat Kedua Desa Terindah Planet 2024

Berita Olahraga20 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Dinas Peluang Usaha Pariwisata Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan bahwa sebuah lembaga survei internasional bernama The Spectator Index telah lama menetapkan Kampung Adat Wae Rebo di dalam Wilayah Manggarai, Provinsi NTT sebagai salah satu desa terindah kedua pada dunia pada tahun 2024 setelahnya Rothenburg Ob der Tauber di dalam Jerman.

Plt Kadis Peluang Usaha Pariwisata NTT, Joni Lie Rohi, menyatakan hal ini pasca lembaga yang dimaksud merilis hasil survei mereka terhadap beberapa desa atau kota kecil di tempat seluruh dunia yang digunakan miliki keindahan alam juga budaya yang menakjubkan.

“Ya kita publik NTT patut berbangga dikarenakan Kampung Adat Wae Rebo dinobatkan sebagai desa atau kita kecil tercantik pada seluruh dunia serta berada pada nomor urut dua,” kata Plt Kadis Peluang Usaha Pariwisata NTT Joni Lie Rohi pada Kupang, seperti dikutipkan Antaranews beberapa waktu lalu.

Wae Rebo terletak pada ketinggian 1.100 meter dari permukaan laut (MDPL), dikelilingi oleh pegunungan, serta cuma dihuni oleh sekitar 1.200 jiwa. Desa ini terkenal lantaran tujuh rumah adat berbentuk kerucut yang tersebut menjadi daya tarik utamanya.

Selain itu, Wae Rebo juga sudah pernah diakui sebagai warisan budaya dunia sejak tahun 2021.

Kadis Peluang Usaha Pariwisata menyatakan bahwa beberapa peluang wisata dalam NTT sudah menarik perhatian dunia, seperti pulau Sumba yang tersebut baru-baru ini diakui sebagai pulau terindah dalam dunia.

Dia menjelaskan bahwa keberhasilan Wae Rebo dan juga pulau Sumba sebagai destinasi wisata yang menakjubkan disebabkan oleh konsep pengembangan pariwisata NTT yang mana berkelanjutan, khususnya melalui Community Based Tourism untuk mendirikan pariwisata di dalam masa depan.

Dia juga menekankan pentingnya meningkatkan kualitas pelayanan wisatawan untuk memberikan pengalaman yang menarik bagi mereka, sehingga wisatawan merasa ingin kembali berkunjung.

“Kali ini Wae Rebo. Artinya bahwa kita punya daya tarik untuk bisa jadi menarik minat wisatawan untuk berkunjung juga tentu belaka artinya ini semakin dikenal oleh dunia,” tambah dia.

Lebih lanjut, beliau berharap bahwa pencapaian Wae Rebo dapat menjadi contoh bagi kawasan wisata lain di tempat NTT di mengembangkan konsep pariwisata mereka itu agar semakin dikenal secara global.

Urutan desa terindah tahun 2024 menurut The Spectator Index

1. Rothenburg ob der Tauber, Jerman

Desa abad pertengahan ini bagaikan negeri dongeng dengan arsitektur kuno yang dimaksud terawat. Tembok kota, rumah-rumah kayu, kemudian alun-alun berbatu akan menghadirkan Anda ke masa lampau.

2. Wae Rebo, Indonesia

Desa tradisional dalam Flores ini terkenal dengan rumah adatnya yang digunakan unik berbentuk kerucut. Dikelilingi panorama alam yang dimaksud indah, Wae Rebo menawarkan pengalaman budaya yang autentik.

Warga mengayak kopi yang dimaksud merupakan hasil perkebunan warga pada desa adat Waerebo, 29 April 2017. Warga setempat mengembangkan komoditas kopi sebagai mata pencahariannya, kopi jenis Arabica merupakan produk-produk unggulan lantaran aroma serta cita rasa yang mana khas, wisatawan dapat mencicipi kopi khas Waerebo dengan membeli segera dari penduduk dengan tarif Rp80.000 – Rp200.000 per kilogram. ANTARA FOTO

3. Sidi Bou Said, Tunisia

Desa tepi laut ini terkenal dengan bangunan berwarna putih dan juga biru yang tersebut menawan. Pemandangan laut Mediterania yang digunakan jernih serta suasana tenang akan menimbulkan Anda betah berlama-lama.

4. Carmel-by-the-Sea, Amerika Serikat

Desa tepi pantai ini terkenal dengan arsitektur indah lalu galeri seninya. Suasana romantis dan juga pantai yang digunakan indah menjadikannya tempat ideal untuk berpasangan.

5. Alberobello, Italia

Desa ini terkenal dengan rumah-rumah trullo yang digunakan unik dengan atap berbentuk kerucut. Jelajahi lorong-lorong batu dan juga nikmati suasana pedesaan Italia yang digunakan otentik.

6. Esperance, Australia

Desa tepi pantai ini menawarkan pantai berpasir putih yang indah, air laut biru jernih, kemudian tebing granit yang dimaksud menawan. Cocok untuk wisata alam serta petualangan.

7. Ogmachi, Jepang

Desa tradisional di tempat pegunungan Negeri Matahari Terbit ini terkenal dengan rumah-rumah gassho-zukuri yang digunakan unik dengan atap jerami. Pemandangan alam yang mana indah juga budaya tradisional Negeri Matahari Terbit akan memanjakan Anda.

Pilihan editor: Inilah Bibury, Desa Terindah dalam Inggris yang Pemandangannya Seperti Gambar Kartu Pos

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *