Wapres: IKN dapat jadi pionir kota berbasis transportasi cerdas

Bisnis19 Dilihat

Ibu Daerah Perkotaan Nusantara diharapkan berubah jadi pionir kota berbasis transportasi cerdas dan juga berkelanjutan…

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengungkapkan bahwa Ibu Pusat Kota Nusantara (IKN) dalam Wilayah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim) dapat berubah jadi pionir kota berbasis transportasi cerdas dan juga berkelanjutan.

Wapres memaparkan pemerintah pada waktu ini sedang memadukan desain sistem transportasi cerdas dan juga kota pintar ke pada perkembangan nusantara sebagai ibu kota negara Tanah Air yang baru.

"Ibu Pusat Kota Nusantara diharapkan menjadi pionir kota berbasis transportasi cerdas juga berkelanjutan yang dapat menginspirasi perkembangan sejenis di dalam kota-kota lain," kata Wapres memberi sambutan pada inisiasi The 19th Intelligent Transportasi System (ITS) Asia Pacific Wadah 2024 atau Diskusi Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik Ke-19 Tahun 2024 dalam Balai Sidang DKI Jakarta (JCC), Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut, Wapres mengungkapkan pemerintah pada waktu ini telah lama berupaya membantu pengembangan perubahan teknologi, dalam antaranya melalui penetapan kebijakan standar mobil listrik, inisiatif insentif kendaraan listrik, dan juga kegiatan pendorong transisi lainnya.

"Dengan beragam upaya ini, pemerintah turut juga di penerapan sistem transportasi cerdas ke pada infrastruktur modern dalam Tanah Air guna menguatkan kegiatan ekonomi dan juga meningkatkan daya saing dengan permanen memperhatikan aspek lingkungan melalui pemenuhan target nol emisi karbon sebagai upaya mencapai visi Indonesia Emas 2045," ucap Wapres.

Dalam kesempatan itu, Wapres juga menyampaikan beberapa hal terkait dengan penyelenggaraan ITS Asia Pacific Pertemuan 2024 agar menciptakan rekomendasi-rekomendasi konkret.

Pertama, kata Wapres, adopsi strategi negara lain dengan kekal menyesuaikan keadaan lalu keperluan setiap negara.

"Pertemuan hari ini merupakan kesempatan terbaik untuk saling bertukar informasi juga berbagi pengalaman sehingga dapat membantu penentuan arah kebijakan di dalam per individu negara. Jadikan forum ini sebagai wadah strategis bagi negara-negara anggota untuk mengembangkan kota pintar dengan sistem transportasi cerdas sebagai tulang punggungnya," katanya.

Kedua, tingkatkan kolaborasi lintas sektor baik pemerintah, swasta, maupun akademisi untuk menciptakan solusi komprehensif bagi mobilitas perkotaan yang dimaksud lebih besar baik.

"Solusi ini akan memacu perwujudan planet yang mana lebih banyak baik bagi generasi penerus kita," ucap Wapres.

Ketiga, tingkatkan literasi umum terkait pemanfaatan transportasi cerdas melalui publikasi dan juga edukasi.

Menurut Wapres, penduduk wajib mengetahui kegunaan kemudian cara pemanfaatan sistem ini guna meningkatkan aktivitas kegiatan ekonomi dengan terus mengedepankan prinsip ramah lingkungan.

Terakhir, terapkan perkembangan teknologi transportasi secara inklusif juga berkeadilan.

"Pastikan setiap pemukim kemudian setiap negara mendapatkan manfaat, tanpa ada manusia pun lalu satu negara pun yang digunakan tertinggal. Oleh dikarenakan itu, saya berharap forum ini dapat menghasilkan kembali rekomendasi konkret bagi seluruh negara anggota ITS Asia Pacific lalu berdampak positif bagi kemajuan dunia," kata Wapres.

Artikel ini disadur dari Wapres: IKN dapat jadi pionir kota berbasis transportasi cerdas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *