Wapres: Optimalkan sektor ekonomi syariah agar berdampak riil bagi rakyat

Finansial26 Dilihat

Dalam lima tahun terakhir, kita sudah pernah mengamati kontribusi kegiatan ekonomi dan juga keuangan syariah pada menguatkan ketahanan dunia usaha nasional…

Kabupaten Tangerang, Banten – Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memohonkan perekonomian juga keuangan syariah terus dioptimalkan agar menghadirkan dampak sosial kegiatan ekonomi yang tersebut riil bagi masyarakat.

"Dalam lima tahun terakhir, kita telah lama mengamati partisipasi perekonomian lalu keuangan syariah pada menguatkan ketahanan sektor ekonomi nasional dan juga seraya berupaya memulai pembangunan fondasi infrastrukturnya," ucap Wapres ketika memberi sambutan pada acara Anugerah Adinata Syariah pada Menara Syariah, Kota Tangerang, Banten, Senin.

Wapres menyimpulkan bahwa ke depan, sektor ekonomi juga keuangan syariah akan menjadi bagian penting pada memperkuat perubahan fundamental sektor ekonomi melalui peningkatan produktivitas lalu daya saing demi menuju Indonesi Emas 2045.

"Untuk menunjang hal ini, konstruksi ekosistem infrastruktur serta kelembagaan yang kuat seyogianya berubah jadi prioritas agar menguatkan fondasi konstruksi ekonomi serta keuangan syariah pada lima tahun mendatang," kata Wapres.

Ia pun mengapresiasi semua pihak, khususnya pemerintah wilayah yang mana telah terjadi giat memajukan perekonomian lalu keuangan syariah pada wilayahnya masing-masing.

"Dan kompetisi Anugerah Adinata Syariah ini dimaksudkan mengapresiasi pemerintah tempat yang digunakan telah terjadi berhasil dengan baik mengembangkan juga memajukan ekonomi syariah," tutur Wapres.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Komite Nasional Kondisi Keuangan juga Keuangan Syariah (KNEKS) Taufik Hidayat menyatakan Anugerah Adinata Syariah merupakan penghargaan bagi para provinsi yg mempunyai kapabilitas di menjadi pemimpin mengembangkan dan juga menggerakkan peluang sektor ekonomi serta keuangan syariah di dalam daerahnya masing-masing.

Taufik melaporkan bahwa sebagaimana tahun sebelumnya, Anugerah Adinata Syariah 2024 kembali mengusung 10 kategori.

Adapun pemenang pertama Adinata Syariah 2024, yaitu kategori keuangan syariah pemerintahan Provinsi (Pemprov) Aceh; kategori bidang halal Pemprov Sumatera Barat; kategori keuangan sosial syariah Pemprov Jawa Barat; kategori keuangan mikro syariah Pemprov Jawa Timur; kategori institusi belajar sektor ekonomi syariah dan juga pemberdayaan ekonomi pesantren Pemprov Jawa Barat.

Selanjutnya, kategori sektor sektor ekonomi hijau dan juga keberlanjutan Pemprov DKI Jakarta; kategori kelembagaan yang mana difokuskan pada pengembangan perekonomian syariah Pemprov Sumatera Barat; kategori zona KHAS atau zona kuliner halal, aman, dan juga sehat: Pemprov Sulawesi Selatan; kategori inisiatif inkubasi perniagaan syariah: Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta, lalu kategori acara perubahan pada sektor perekonomian syariah Pemprov Sumatera Barat.

"Setiap sektor kategori memiliki dimensi indikator penilaian yang mana beragam lalu dilihat dari aspek regulasi maupun realisasi juga juga organisasi jumlah total inisiatif maupun dampak kegiatan serta sebagainya," urai Taufik.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres juga memberikan penghargaan terhadap Pemuka Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah selaku perwakilan Pemprov Sumatera Barat yang dimaksud berubah menjadi juara umum Adinata Syariah 2024.

Artikel ini disadur dari Wapres: Optimalkan ekonomi syariah agar berdampak riil bagi masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *