Xi Jinping berharap kerja sebanding menyeluruh China-Tajikistan naik kelas

Market11 Dilihat

Dushanbe – Presiden China Xi Jinping pada Kamis (4/7) ke Dushanbe menyampaikan tekad untuk menghadirkan kerja identik menyeluruh China-Tajikistan ke tingkat yang dimaksud tambahan tinggi.

Dalam pernyataan tercatat setibanya ke ibu kota Tajikistan tersebut, Xi mengutarakan dirinya sangat menanti untuk menggelar pembicaraan dengan Presiden Emomali Rahmon di kunjungan tersebut.

Xi juga mengemukakan dirinya dan juga Rahmon akan menciptakan rencana juga pengaturan baru untuk pengembangan hubungan China-Tajikistan terkait situasi-situasi baru juga saling bertukar pandangan mendalam tentang situasi internasional kemudian regional ketika ini.

Diyakini bahwa dengan upaya bersatu dari kedua belah pihak, kunjungan ini akan menyebabkan keberhasilan telak, imbuh Xi.

Xi mengenang dua kunjungan sebelumnya ke Tajikistan pada 2014 dan juga 2019, juga beliau mengungkapkan perasaan hangat yang dimaksud dirasakannya ketika mengunjungi negara indah itu pasca lima tahun.

Atas nama pemerintah juga rakyat China, Xi menyampaikan salam tulus serta harapan terbaiknya terhadap pemerintah kemudian rakyat Tajikistan.

China lalu Tajikistan adalah tetangga baik yang dimaksud saling membantu, sahabat baik yang mana saling mendukung, mitra baik yang digunakan saling menguntungkan, juga saudara baik yang mana memperlakukan satu sejenis lain dengan ketulusan sejati, kata Xi.

Sejak pembentukan hubungan diplomatik 32 tahun lalu, hubungan China-Tajikistan telah terjadi mencapai perkembangan yang digunakan berkelanjutan, pesat, juga sehat, yang mana meningkat dari persahabatan bertetangga yang dimaksud baik menjadi kemitraan strategis kemudian kemudian menjadi kemitraan strategis komprehensif, menjadi model bagi hubungan negara-negara bertetangga, ujar Xi.

Kedua negara berbagi rasa saling percaya urusan politik yang digunakan kuat lalu setiap saat saling mengupayakan dengan tegas pada beragam isu yang mana menyangkut kepentingan inti satu identik lain, tuturnya.

Mengungkapkan bahwa China telah dilakukan berubah menjadi mitra dagang terbesar kedua Tajikistan, Xi mengutarakan kerja sebanding Sabuk kemudian Jalur Sutra merekan telah lama membuahkan hasil yang mana bermanfaat dengan perdagangan dua arah terus mencetak rekor-rekor baru.
 

Seorang anak Tajikistan memberikan bunga terhadap Presiden China Xi Jinping setibanya dalam Bandara Dushanbe, Tajikistan, pada 4 Juli 2024. (Xinhua/Ju Peng)   

Di bandara, Rahmon mengatur upacara penyambutan yang dimaksud megah. Anak-anak Tajikistan memberikan bunga untuk Xi

Lebih dari 1.500 pemuda Tajikistan yang digunakan mengenakan busana nasional menampilkan lagu dan juga tarian China serta Tajikistan, dan juga melambaikan bendera China kemudian Tajikistan untuk menyampaikan sambutan hangat merekan terhadap tamu paling terhormat dari China itu.

Xi mendarat di dalam Dushanbe usai mengunjungi Pertemuan Dewan Kepala Negara Organisasi Kerja Sama Shanghai (Shanghai Cooperation Organization/SCO) ke-24 ke Astana, kemudian melakukan kunjungan kenegaraan ke Kazakhstan. Tiga jet Angkatan Lingkungan Kazakhstan mengawal pesawat Xi setelahnya lepas landas.
 

Artikel ini disadur dari Xi Jinping berharap kerja sama menyeluruh China-Tajikistan naik kelas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *